Monday, February 2, 2015

BULGARIAN PATATNIK - TELUR DADAR BULGARIA


http://www.resepkoe.com/sensasi-patatnik-omelet-sedap-asal-bulgaria.html









Sensasi Patatnik, Omelet Sedap asal Bulgaria


Anda penyuka omelet namun bosan dengan cita rasa atau bahan omelet yang itu-itu saja? Jika jawabannya adalah ya maka hidangan yang satu ini bisa kita jadikan pilihan. Patatnik adalah salah satu jenis masakan khas dari daerah Bulgaria. Bentuknya mirip dengan omelet namun tentunya memiliki bahan dan rempah yang berbeda dengan omelet yang biasa kita temui disini. Patatnik akan lebih sedap jika disantap dengan saus sambal bagi penyuka cita rasa pedas. Penasaran dengan cita rasa hidangan yang satu ini? Berikut ini daftar bahan serta tata cara pembuatannya:
Bahan-bahan:
  • 2 butir telur ayam dengan ukuran yang besar
  • 5 buah kentang yang sudah dikuliti dan juga disisihkan
  • 100 gr keju putih
  • 125 ml minyak sayur
  • ½ genggam daun spearmint yang sudah dirajang halus terlebih dahulu
  • Garam secukupnya
Tahapan pembuatannya:
1. Ambil kentang yang sudah dikupas dan dibersihkan kemudian parut dengan menggunakan parutan keju. Setelah diparut kemudian peras sampai airnya keluar. Parutan kentangnya disisihkan.
2. Siapkan wadah kemudian masukkan parutan kentang. Tambahkan keju putih, telur ayam, garam dan irisan daun spearmint. Setelah semua bahan masuk dalam wadah baru kemudian aduk-aduk sampai merata.
3. Panaskan penggorengan anti lengket yang sudah diberi minyak goreng. Panaskan dalam api kecil lalu goreng adonan kentang tadi. Goreng selama lebih kurang 10 menit lalu tutup penggorengan dengan penutup dan balik dan goreng kembali adonan selama 8 menit tapi tanpa menggunakan penutup.
4. Setelah 9 menit baru kemudian patatnik ini siap untuk disajikan saat hangat.
5. Jika daun spearmint sulit untuk ditemukan maka kita bisa menggantinya dengan daun peterseli ataupun daun bawang.

No comments:

Post a Comment